Arti Logo Yayasan

Logo

Makna

ARTI LOGO YAYASAN MASJID PANGLIMA BESAR SOEDIRMAN

  1. Secara keseluruhan logo yayasan berlambang MASJID, sesuai dengan nama yayasan masjid, yang bermakna yayasan didirikan dalam rangka memakmurkan masjid, memfungsikan masjid sebagai pusat kebudayaan dan pusat pengembangan umat dari segala segi kehidupan.
  2. Menara masjid berbentuk ALIF, melambangkan dasar utama dari perjuangan yayasan adalah memurnikan tauhid dan memerangi kemusyrikan. Dengan demkian segala amal usahanya hanya diperuntukan karena ibadah dan berharap kepada yang Ahad [Allah SWT].
  3. Enam pintu masjid melambangkan bahwa perjuangan yayasan harus dilandasi dengan 6 prinsip utama rukun iman, yaitu :
    1. Allah sebagai tujuanku
    2. Malaikat sebagai pencatat amalku
    3. Nabi dan Rasul sebagai teladanku
    4. Al Qur’an sebagai pedomanku
    5. Hari kemudian sebgai cita-citaku
    6. Ikhlas dan tawaqal sebagai sikapku.
  4. Dengan dilatar belakangi oleh dinding masjid berwarna orange, yang memiliki makna: produktif, ekspresif, berkreasi, berpetualang, berjiwa pebisnis dan pantang menyerah.
  1. Atap masjid berwarna hijau, yang memiliki makna : senang bersosialisasi, jujur [apa adanya], harmonis, pendidik, komunikatif, dan pemikir yang cepat.
  2. Gambar masjid memiliki lingkaran berwarna kuning, dengan tulisan yayasan Masjid Panglima Besar Soedirman. Lingkaran melambangkan persatuan dan kebulatan tekad serta dinamis dalam mencapai tujuan. Lingkaran kuning memiliki makna: harmonis, ceria, supel, kreatif, pemikir, menyenangkan, aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
  3. Kelopak teratai berjumlah lima buah, melambangkan gerkan perjuangan dengan menggunakan lima prinsip utama, yang dalam perwujudannya berupa rukun Islam, yaitu
    1. Pengabdian kepada Allah adalah syahadatku
    2. Shalat adalah karakterku
    3. Peduli adalah zakatku
    4. Disiplin dan pengendalian diri adalah puasaku
    5. Haji adalah derap langkahku
  1. Kelopak teratai berwarna putih memiliki makna: inspiratif, suka perubahan, imajinatif, tenang, filosofis dan memiliki spiritualitas.

  2. Puncak masjid berbentuk segitiga, melambangkan gerakan perjuangan yayasan yang selalu menyeimbangkan antara intelektual [fikir], spiritual [zikir], dan aksi [ikhtiar], senagai perwujudan dari: Iman, Ilmu dan Amal.