MAJELIS MASJID


SEJARAH

Berawal dari sebuah Mushollah Yayasan Masjid PB. Soedirman diera tahun 1966, hingga terealisasinya peletakan batu pertama pembangunan Masjid Panglima Besar Jenderal Soedirman pada tanggal 30 Nopember 1979 oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta saat itu Bapak H. Tjokropranolo, sampai dengan diresmikan  secara langsung oleh Presiden Ke-2 RI Bapak H.M. Soeharto pada tanggal 12 Nopember 1981, pada saat yang sama dilaksanakan serah terima Bagunan Masjid dari  Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta kepada Pengurus Yayasan Masjid PB. Soedirman.

Nama Masjid PB. Jenderal Soedirman diambil dari nama seorang tokoh Muslim, Pendidik, Prajurit, Pejuang dan Pahlawan Bangsa " SOEDIRMAN ", dengan tujuan sebagai penghormatan dan mengabadikan namanya sebagai tempat yang dapat berguna dan memberikan mafaat bagi ummat.

Masjid Panglima Besar Jenderal Soedirman saat ini memiliki kapasitas tampung ± 2000 orang jamaah, berada didalam lingkungan kampus Yayasan Masjid Panglima Besar Soedirman yang didalamnya terdapat unit – unit kegiatan pendidikan seperti TK, SD, SMP, SMA, SMK-1, SMK-2, STIE Kusuma Negara, STKIP Kusuma Negara, dengan ± 7000 orang melakukan aktivitas setiap harinya.

Masjid Panglima Besar Jenderal Soedirman terletak dilokasi strategis di Jl. Raya Bogor KM. 24 Cijantung Jakarta Timur, lokasi yang mudah dijangkau dengan berbagai akses seperti Terminal Kp. Rambutan (jalur Bus Way), Jl. Tol Jagorawi dan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Pondok Pinang, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti lahan parkir yang luas, keamanan dan poliklinik.

FUNGSI & TUGAS

Sebagimana Visi dan Misi Masjid PB. Jenderal Soedirman, adalah untuk Mengembangkan  Dan Memajukan Masjid Sebagai Fungsi Pembinaan dan Pelayanan   Umat , sebagaimana fungsi masjid pada jaman Rosulullah

Dimana Masjid PB. Jenderal Soedirman bertugas menggiatkan  kegiatan da'wah umat dikalangan  pelajar Yasma PB. Soedirman khususnya dan masyarakat luas pada umumnya, juga membantu dan melayani  kebutuhan masyarakat umum untuk kegiatan mahdhoh dan ghoiru mahdhoh.

KEGIATAN HARIAN / EVENT

Kegiatan rutin Masjid PB. Jenderal Soedirman adalah membantu kebutuhan pelajar, sekolah/unit – unit kegiatan Yasma PB. Soedirman dan masyarakat umum untuk dapat menyelengarakan kegiatan – kegiatan umat seperti :

  1. Peringatan Hari Besar Islam
  2. Bimbingan Islam bagi mu'alaf
  3. Konsultasi keluarga
  4. Jasa layanan Kaffah dan pengantaran  jenazah
  5. Kelompok Bimbingan Ibadah dan Haji
  6. Tabligh akbar
  7. Pengajian jamaah (pria/wanita)
  8. Kajian – kajian Al Islam
  9. Walimatus Safar & Ursy
  10. Penyambutan dan pelepasan siswa/siswi Yasma PB.Soedirman
  11. Ujian Praktek Agama Islam dan kegiatan-kegiatan pembinaan Iman dan Takwa (mabit) penyambutan dan pelepasan siswa
  12. Menerima dan menyalurkan santunan anak yatim piatu
  13. Pembinaan remaja / pemuda.
  14. Menjalin kerja sama dengan lembaga – lembaga seperti IKADI, DISBINTAL TNI AD dan MUI.